Cermati Laporan Bupati Ngada, DPRD Ngada Bentuk 3 Panja

Panitia Kerja (Panja) DPRD Kabupaten Ngada membahas Laporan Pertanggungjawaban Bupati Ngada guna mencermati berbagai program dan kegiatan yang telah disepakati bersama pada tahun anggaran 2015 yang lalu. Selama beberapa hari, Panja DPRD Ngada berdiskusi dengan mitra kerja pemerintah yang dihadiri oleh para pimpinan OPD.

Lembaga DPRD Kabupaten Ngada sesuai amanat konstitusi melakukan evalusi kritis terhadap LKPJ yang ada untuk menguji apakah yang tertulis di dalamnya sesuai dengan kenyataan di lapangan. Panitia kerja sebagai organ ad hoc  persidangan dewan sesuai kewenangannya melakukan pembahasan dan diskusi dengan pemerintah atas berbagai program dan kegiatan yang telah dikerjakan pada tahun 2015.  Patut diakui bahwa berbagai prestasi dan catatan keberhasilan telah diraih pemerintah melalui berbagai upaya transformasi kehidupan masyarakat ke arah yang lebih adil dan sejahtera. Namun demikian di sana-sini masih terdapat berbagai permasalahan dan kekurangan sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Ngada masih belum mencapai kondisi ideal.

Karena itu, setelah Bupati Ngada, Marianus Sae menyampaikan materi LKPJ di depan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ngada, Anggota DPRD Ngada melakukan pembahasan untuk membedah isi dan substansi LKPJ dimaksud. Untuk itu maka dibentuk Panitia Kerja yang khusus membahas tentang LKPJ Bupati. Dalam pembahasan materi LKPJ Bupati, Panitia Kerja terbagi tiga Panja.

Panja I membahas bidang pemerintahan dan hukum. Instansi atau OPD yang terkait dengan bidang ini adalah kelurahan, kecamatan, Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Hukum, BPMPD-PP, Sekretariat DPRD, Inspektorat Kabupaten Ngada, Bagian Organisasi, Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu.

Sementara itu, Panja II DPRD Kabupaten Ngada mencermati LKPJ Bupati Ngada di bidang Pembangunan dan Keuangan. Dinas teknis yang menjadi mitra kerja Panja Bidang Pembangunan dan Keuangan adalah Dinas P2KI, Badan Penanaman Modal, BPBD, Dinas ESDM, Bagian Administrasi Pembangunan, Bappeda Ngada, RSUD Bajawa, Dinas Kesehatan, Dinas PU dan Dinas PPKAD Kabupaten Ngada.

Sedangkan Panja III DPRD Kabupaten Ngada membahas dan mencermati LKPJ Bupati Ngada di bidang Kesejahteraan dan Kemakmuran. Dinas teknis yang terkait langsung dengan bidang ini adalah Dinas P3, Dinas PKPO, BLH Ngada, BP3KP dan Badan-Badan pada lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Ngada.

Rapat Panitia Kerja berjalan sangat dinamis dengan melibatkan Pimpinan dan Staf dari setiap OPD. Namun tidak jarang juga ada kekesalan di kalangan Anggota Dewan karena ada Pimpinan OPD yang mangkir mengikuti Rapat Panja. Akan tetapi ketika berjalan selama lima hari, Panitia Kerja Pembahasan LKPJ Bupati Ngada akhirnya sampai pada titik akhir pembahasan. Beberapa catatan kritis dan rekomendasi penting berhasil diracik Panitia Kerja DPRD Ngada untuk disampaikan kepada pemerintah pada Rapat Paripurna Penutupan Sidang Pembahasan LKPJ Bupati Ngada Tahun Anggaran 2015.

Apa saja catatan kritis dan rekomendasi yang berhasil ditemukan oleh Panitia Kerja? Kami menyajikannya dalam beberapa berita dalam laman berita pada website ini.***