Pemandangan Umum Fraksi Partai Golkar Atas RAPBD Ngada Tahun Anggaran 2017

Pemerintah mengambil langkah berani yang tidak Populis

dengan mengurangi belanja pegawai dan tambahan penghasilan

(Tamsil) bagi PNS demi meningkatkan ketersediaan infrastruktur.

Namun Fraksi berharap agar Infrasruktur yang dibangun

dari  jatah Keringat Pegawai Kecil ini dapat

Tepat Guna, Tepat Mutu dan Tepat Sasaran”.

 

 Mengawali Pemandangan Umum Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Ngada dalam menanggapi Nota Keuangan Atas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2017, Marilah Kita madahkan syukur dan menghaturkan sembah bakti kita kepada Allah Bapa Maha Kasih yang tak henti-hentinya mencurahkan Rahmat dan Berkat-Nya kepada kita, sehingga kita boleh hadir di dalam ruangan yang terhormat ini dalam keadaan sehat walafiat dengan penuh sukacita. Kita juga patut bersyukur sebab Tuhan meperkenankan kita untuk mengambil bagian dalam karya-Nya untuk menyempurnakan dunia ini melalui tatanan dunia politik sebagai sebuah ibadah demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, teristimewa untuk masyarakat Kabupaten Ngada yang kita cintai ini.

Sebagai mahluk Tuhan, Fraksi Partai Golkar dari hati tulus mengucapkan: Selamat Memasuki Masa Adventus kepada segenap Umat Kristiani di seluruh wilayah Kabupaten Ngada, semoga dalam menantikan kelahiran Sang Juru Selamat dapat melahirkankan kesadaran dan semangat untuk semakin meningkatkan kinerja pengabdian dan pelayanan kita demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Ngada Patut memberikan Apresiasi dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati dan segenap jajarannya yang telah bekerja dengan segala daya, upaya dan curahan perhatian yang penuh dalam menyiapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten NgadaTahun Anggaran2017 dengan sebaik-baiknya.

Fraksi partai Golkar memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati beserta seluruh jajarannya yang walaupun dengan alokasi anggaran yang sangat terbatas, masih dapat melakukan hal besar yang menyentuh langsung pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Ngada berupa penyediaan infrastruktur.

Namun, setelah mempelajari dan menganalisis seluruh Dokumen Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2017, Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Ngada perlu menyampaikan pokok-pokok pikiran sebagai berikut:

 

Aspek Pendapatan

Fraksi memberikan apresiasi atas upaya pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sebesar 44 milyar lebih atau naik hampir 20 persen dari PAD Tahun 2016. Fraksi mengharapkan agar kedepan dapat meningkat dengan mencari sumber-sumber PAD yang bersifat konstan.

Aspek Belanja

 

Penurunan  Dana Alokasi Umum yang cukup besar tentu sangat mempengaruhi berbagai program yang telah direncanakan. Lagi-lagi Fraksi menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan seluruh jajaran pemerintah yang mengambil langkah berani yang tidak populis dengan mengurangi belanja pegawai dan tamsil demi meningkatkan ketersediaan infrastruktur. Namun Fraksi berharap agar infrasruktur yang dibangun dari  jatah keringat pegawai kecil ini dapat Tepat Guna, Tepat Mutu dan Tepat Sasaran.

Atas penurunan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Umum ini Fraksi mengajak kita semua untuk tidak terus larut dalam mengutuk kegelapan tapi mari kita nyalakan sebatang lilin untuk tetap bersemangat melanjutkan Pembangunan. Khusus terkait penyediaan infrastruktur, Fraksi menyarankan agar dialokasikan sejumlah juga anggaran untuk beberapa sektor berikut ini:

 Pertama, penyediaan Infrastruktur di wilayah potensial seperti: Perluasan Jaingan Air bersih di Kelurahan Bajawa, Pembukaan JalanRadha – Rora – Pasar Bobou, Jembatan Waesoy di desa Rakateda I, Peningkatan Jalan Rakalaba– Were, Peningkatan Jalan Ngedumee – Dadawea, Peningkatan jalan Menge – Wolowoe, Peningkatan jalan Bhetopadhi – Bea – Nage, Peningkatan Jalan Kisaraghe – Boamenge, Peningkatan Jalan Liba – Wajamala, Peningkatan Jalan Late – Birubere, Peningkatan Jalan Poma – Sekojawa, TPT Kampung Wajo dan Saluran drainase belakang kantor Bupati menuju pegadaian Bajawa. Selain itu, perlu diperhatikan juga pembukaan Jalan Boledo – Langagedha – Watulewa, Pembukaan Jalan Ngeduleo – Lapu – Watulewa, Peningkatan jalan Bajawa – Ekoheto, Pembukaan Jalan Kampung Bajawa menuju desa Beiwali dan Peningkatan Jalan Bokua Watujaji

Kedua, Prasarana Pendidkan seperti: TPT SDI Soka, TPT SDI Ngedusuba, Rehabilitasi SDK Olabolo dan Rehabilitasi TK. St. Theresia Rakalaba.

Ketiga, Pembangunan Lingkungan Hidup. Fraksi menyayangkan terjadinya pengrusakan lingkungan di DAS Waeroa sebagai akibat dari Pembukaan Jalan Tani Bhetopadhi – Wolowako. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya pasokan air pada IPP PLTMH Waeroa. Oleh karena itu Fraksi berharap dapat diambil langkah-langkah pemulihan sebagai berikut       : Membangun BoogDuicker W5, Mengembalikan Ruas jalan tersebut menuju Wolowako yang merupakan areal potensial untuk jahe dan Kopi AFB dan melakukan Penghijauan di Sepanjang DAS tersebut.

Keempat, dalam kaitan dengan penegakan Perda Tentang Pemakaman, Faksi menyarankan agar pada masa sidang berikutnya, Pemerintah dapat memberikan subsidi sebesar 50 Juta per desa untuk pengadaan dan penataan Pemakaman Umum.

Kelima, guna mengetahui keberhasilan seluruh Program Pembangunan, Fraksi berpendapat bahwa hal itu dapat diukur selain dengan berkurangnya jumlah Rumah Tangga Miskin dan menurunnya Angka Inflasi, tetapi juga dapat diukur dengan peningkatan daya beli masyarakat. Oleh karena itu Fraksi menyarankan kepada Pemerintah agar: membangun Terminal di Kompleks pasar Bobou dan membangun Terminal Bongkar Muat untuk kendaraan- kendaraan besar di bekas bandara Padhamaleda – Turekisa.

Demikianlah Pemandangan Umum Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Ngada sebagai tanggapan terhadap Pengantar Nota Keuangan Atas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Ngada Tahun2017. Akhirnya kami Fraksi Partai Golongan Karya menyatakan MENERIMA Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten NgadaTahun 2017 untuk dibahas dalam Sidang DPRD serta Rapat Komisi dan Gabungan Komisi.***